Sinopsis dan Unsur Intrinsik Novel Perahu Kertas

Sinopsis dan Unsur Intrinsik Novel 
Perahu Kertas


"Karena hati tak perlu memilih, ia selalu tahu kemana harus berlabuh"
- Dee Lestari, Perahu Kertas





IDENTITAS NOVEL
    1.      Judul                : Perahu Kertas
    2.      Penulis             : Dewi Lestari
    3.      Penerbit           : Bentang Pustaka
    4.      Tahun terbit    : Juli 2012
    5.      Cetakan ke       : XV
    6.      Kota penerbit  : Yogyakarta
    7.      No. ISBN           : 978-979-1227-78-0
    8.      Tebal                 : 444 halaman
   9.      Ukuran buku   : 20 cm

SINOPSIS NOVEL


Kugy, Noni, dan Eko adalah tiga sahabat yang selalu kompak. Kugy, gadis mungil yang dan berantakan yang suka berkhayal. Dia bercita-cita menjadi seorang penulis dongeng. Oleh sebagian orang, cita-cita Kugy ini dianggap aneh. Kugy menganggap dirinya agen Neptunus dan selalu  menulis surat lalu melipatnya menjadi perahu kertas kemudian dialirkan ke sungai agar tersampaikan ke Neptunus. Eko dan Noni adalah sepasang kekasih sekaligus sahabat Kugy.
Kisah ini berawal saat Kugy diterima kuliah di salah satu perguruan tinggi di Bandung, sekampus dengan Eko dan Noni.
Pertemuan Kugy dan Keenan terjadi saat Eko dan Noni mengajak Kugy untuk menjemput Keenan di Stasiun Bandung. Keenan adalah cowok cerdas, artistic, pelukis muda yang berbakat tapi Ayahnya tidak menyetujui Keenan menjadi pelukis.
Kugy, Keenan, Eko, dan Noni menjadi sahabat. Kugy dan Keenan menjadi begitu dekat dan sering bertemu hingga saling mengagumi dan memendam rasa cinta yang dalam.
Keenan dengan antusias membaca dongeng-dongeng Kugy. Namun, Kugy tidak bisa menggambarkan tokoh dalam dongengnya hingga Keenan menggambarkannya. Saat keduanya semakin dekat, Noni dan Eko berencana menjodohkan Keenan dengan Wanda, sepupu Noni sekaligus anak pemilik sebuah galeri terkenal di Jakarta. Hal itu membuat Kugy sakit hati, apalagi ketika melihat Keenan dan Wanda bersama. Kugy menutupi perasaannya dengan menjauhi Keenan, Noni, dan Eko. Dan Kugy tidak hadir di pesta ulang tahun Noni sehingga membuat Noni kecewa dan keduanya saling diam ketika bertemu.
Kugy memutuskan untuk menyelesaikan kuliahnya lebih cepat untuk melupakan semuanya.
Keenan yang putus asa dengan sikap Wanda, memutuskan untuk pergi ke Bali, tinggal bersama Pak Wayan. Butuh waktu lama untuk Keenan melukis lagi, karena hanya dongeng-dongeng Kugy yang menjadi inspirasinya. Keenan akhirnya mencoba melukis lagi, karena adanya Luhde.
Kugy yang sudah selesai dengan kuliahnya menjalin hubungan dengan Remi, bosnya. Remi ternyata pengagum lukisan Keenan dan pembeli pertama lukisan Keenan. Kugy dan Keenan tak tahu bahwa Remi mengenal Keenan dan Remi pacar Kugy.
Hingga akhirnya, hati mereka saling memilih. Luhde memutuskan meninggalkan Keenan, begitupula Remi dengan Kugy. Lalu secara tidak sengaja, Kugy dan Keenan saling bertemu dan hati Kugy berlabuh kembali pada Keenan, begitupula hati Keenan.


UNSUR INTRINSIK NOVEL PERAHU KERTAS

  1. Tema

Dalam novel perahu kertas ini tema yang diambil adalah persahabatan.

  1. Tokoh dan watak tokoh

a. Keenan

Dikisahkan keenan adalah orang yang cuek, namun tekun.

Bukti langsung : Keenan sangat rajin menekuni profesinya sebagai penulis, meski sempat putus asa namun ia tetap kembali kepada seni lukisnya.
Bukti tidak langsung : Meski ia telah mengetahui dengan jelas perasaannya terhadap kugy, namun ua tetap pura-pura tidak peduli terhadap perasaannya.
b. Kugy
Kugy adalah sosok gadis yang unik dan ceria
Bukti Langsung : Kugy adalah gadis yang beda di antara gadis yang lain, jika dikerumunan ia adalah gadis yang tidak sulit ditemukan
Bukti tidak langsung : ia selalu terlihat ceria dan memberi warna di depan sahabatnya
c. Noni
Dikisahkan Noni adalah sosok gadis yang rajin dan disiplin
Bukti langsung : Noni adalah gadis yang tepat waktu dan tidak suka menunda-nunda waktu
d. Eko
Dikisahkan eko adalah tipe orang yang memiliki sifat penyayang
Bukti tidak langsung : Eko selalu perhatian terhadap sahabatnya
e. Wanda
Tidak jauh berbeda dengan tokoh Eko, ia memiliki sifat penyayang dan perhatian
Bukti tidak langsung : Wanda selalu memperhatikan keenan
  1. Latar
Latar tempat : Kampus,Rumah ,Warung Makan
Latar waktu: Siang hari, sore dan malam
Latar suasana: sedih, bahagia
      4. Alur
Alur yang digunakan dalam novel perahu kertas adalah alur maju dan alur mundur artinya dalam cerita terjadi flashback ke masa lalu dan masa depan.
      5. Gaya bahasa
Penggunaan bahasa yang digunakan cukup enak dibaca, mengandung majas personifikasi seperti penggalan kata berikut “ perahu itu bagaikan bertanya-tanya padaku”
       6. Amanat
Amanat yang disampaikan dalam novel ini adalah selalu menerapkan sikap sabar dan tabah. Karena sahabat dan jodoh takkan lari kemana setelah kita berusaha.

UNSUR EKSTRINSik NOVEL PERAHU KERTAS

Ekonomi : Keenaan hidup dalam keluarga yang berkecukupan atau kaya
Sosial : Mempunyai banyak sahabat dan saling membantu satu sama lain
Religius : Ketika Keenaan mendo’akan orang tuanya yang sedang sakit strok
Moral: Saling Menghargai, tolong-menolong dalam kebaikan dan rasa saling menghormati.

Kelebihan DAN KEKURANGAN NOVEL PERAHU KERTAS

  1. Kelebihan novel perahu kertas

Novel ke enam karya Dewi Lestari atau yang sering dikenal dengan nama “dee” ini menurut saya sangat menarik. Dimana novel ini mengulas tema tentang persahabatan yang serat akan konflik yang menghanyutkan untuk para pembacanya.

Dikemas dengan gaya bahasa yang lugas dan ringan serta sesuai dengan kondisi masyarakat masa sekarang menjadikan novel ini dapat mudah dimengerti dan diniikmati oleh pembaca dari berbagai kalangan usia.

Novel ini begitu edukatif dikarenakan kita dapat banyak belajar dari novel ini. Mulai dari bagaimana kita harus tetap semangat dalam meraih mimpi-mimpi kita serta percaya bawasannya hidup ini sudah ada yang mengatur.

Selain itu, novel ini juga penuh akan nilai-nilai positif serta makna kehidupan yang tidak hanya bercerita tentang remaja pada umumnya, akan tetapi bercerita tentang dinamika kehidupan empat orang remaja serta korelasinya dengan lingkungan internal.

Dengan penggambaran latar waktu dan tempat yang sangat mendetail namun tidak berlebihan, menambah daya tarik dari novel ini dan membuat seolah pembaca ikut terlibat di dalamnya.
Sekilas novel Perahu Kertas tampak sederhana dan biasa-biasa saja karena bertemakan tentang cinta.  Tetapi tidak hanya bererita tentang cinta namun banyak unsur lain yang mendukung dan kuat dalam novel ini yang membuat novel ini begitu inspiratif dan edukatif, seperti  mimpi, persahabatan, dan kekeluargaan.
Penggambaran tokoh, latar, dan alur yang begitu kreatif dan jelas membuat para pembaca novel Perahu Kertas tidak segan-segan untuk bermain dengan dunia imajinasinya dan membayangkan secara nyata apa yang terjadi dalam ceritanya.
  1. Kekurangan novel perahu kertas
Dalam novel ini, pelukisan cerita banyak menggunakan setting tempat sehingga sangat dapat beresiko pembaca akan menjadi bingung dalam memahami latar tempat cerita tersebut dimana. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman dan konsentrasi tinggi untuk para pembacanya.
Pada beberapa bagian kisah, terdapat cerita yang monoton sehingga timbul kesan kurang menarik dan timbul kebosanan pembaca dalam mendalami novel.

"Buat apa dia kembali? buat apa muncul sejenak lalu menghilang lagi nanti?"
- Dee Lestari, Perahu Kertas 






Sumber : https://bukubiruku.com/sinopsis-novel-perahu-kertas/


http://nisasainun29.blogspot.co.id/2017/01/analisi-novel-perahu-kertas.html?m=1v

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis dan Unsur Intrinsik Novel Bumi, Tere Liye

Sinopsis dan Unsur Intrinsik Novel Dilan 1990 Karya Pidi Baiq