Sinopsis dan Unsur Intrinsik Novel Bintang, Tere Liye

Sinopsis dan Unsur Intrinsik Novel Bintang Karya Tere Liye

Hidup ini petualangan, Seli, hingga kita mengembuskan napas terakhir. Setiap detiknya berharga, apalagi setiap harinya. Setiap tempat yang kita datangi, setiap orang yang kita temui, kita tidak pernah tau siapa dan apa yang akan terjadi berikutnya. Tapi kita bisa melewatinya dengan selalu tulus, berusaha menjadi orang baik. Lewati petualangan itu bersama sahabat, saling percaya, saling membantu. Saat itu terjadi, dunia paralel menjadi terlalu sempit. Masih banyak tempat lain yang bisa dikunjungi.“  
 



IDENTITAS BUKU :

Judul                 : Bintang
Pengarang        : Tere-Liye
 Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit     : Cetakan 1(Pertama), Juni 2017
Total                  : 392 Halaman

SINOPSIS NOVEL

      Raib, Seli dan Ali, bagi mereka yang menyukai karya Tere Liye terutama novel Bumi, Bulan, Matahari dan Bintang. Tidak akan asing dengan nama-nama itu. Novel Bintang merupakan buku keempat serial Bumi.
            Meneruskan cerita dibuku sebelumnya dengan Raib, Seli dan Ali meneruskan petualangan mereka. Mereka harus  menemukan pasak bumi yang akan di runtuh kan oleh sekretaris Dewan kota. Oleh karna itu, Raib, Seli dan Ali melibatkan orang-orang yang berasal dari klan Bulan dan Matahari. Petualangan kali ini dibantu oleh Miss Selena sebagai pemimpin rombongan, juga 10 anggota pasukan bayangan dan pasukan matahari.
         Dengan 4 pesawat kapsul, mereka keluar masuk ke lorong kuno yang satu, ke lorong kuno berikutnya untuk mengecek kemungkinan disitu letak pasak bumi yang mereka cari. Semua berkat kecerdasan Ali dalam menganalisa kemungkinan dimana letaknya pasak bumi. Ada saja halangan dalam perjalanan mereka. Kapsul mereka hampir saja dihancurkan diruang padang sampah, yang untungnya diruang itu pula kapsul ‘’lly” yang ditumpangi Ali , Raib dan Seli di modifikasi agar menjadi pesawat yang lebih tangguh. Namun, ternyata letak pasak bumi bukan dari yang mereka perkirakan, tempat yang tidak pernah terfikir sebelumnya. Disaat sudah menemukan pasaknya, mereka dihadapkan oleh pilihan yang sulit. Dibawah pasak bumi terdapat “Penjara Bayangan” yang didalamnya terdapat musuh-musuh besar dari semua klan, dan menunggu untuk dibebaskan.
            Dalam novel Bintang kali ini, salah satu hikmah yang bisa diambil adalah, tidak ada perjalanan yang sia-sia. Walaupun kadang kita tidak memperoleh apa yang kita cari . Sebelumnya saya membaca novel Bintang, saya berfikir ini adalah ini adalah novel penutup dari serial Bumi. Ternyata masih ada serial selanjutnya, Komet. Saya penasaran dengan akhir ceritanya, tetapi saya lebih senang mengikuti petualangan mereka.

UNSUR INTRINSIK NOVEL BINTANG :

1. Tema : persahabatan dan petualangan
2. Latar
  • Latar tempat : aula sekolah,kantin,ruang kelas,rumah Raib,rumah Seli,rumah Ali,Klan Bulan,klan Bintang
  • Latar waktu : pagi,siang,sore,malam
  • Latar suasana : santai, misterius, mengharukan, menegangkan, romantisme, persahabatan
3. Tokoh

Tokoh utama : Raib,Ali,dan Seli

Tokoh kedua : Faarazaraaf,sekretaris dewan kota,kaar

Tokoh ketiga : meer,av,ilo,vey,tog,ou,orang tua Raib,orang tua Seli,perwira tinggi

4. Penokohan

  • Raib:pemarah,judes,berpendirian teguh,penyayang,pantang menyerah,usil,pemikir,pemberani,suka berpetualang
  • Ali:jenius,cuek,introvert,ceria,pekerja keras,humoris,ambisius,suka berpetualang
  • Seli:ramah,polos,ceria
  • Faar:ramah,bijaksana,prinsipil,nekat
  • sekretaris dewan kota:licik,ambisius,penjilat,sinis
  • kaar:prinsipil,kreatif
  • meer:prinsipil,naturalis,brilian

5. Alur: yang digunakan alur campuran

6. Sudut pandang:sudut pandang orang pertama (aku)

manat :seberat apapun masalah yang dimiliki tetapi sekali dicoba untuk dipecahkan akan menjadi ringan

Kelebihan Novel :

 Kita bisa mengetahui atau membayangkan teknologi canggih yang dijelaskan di novel ini. Dalam penyelesaian masalah disini, digunakan logika dan pemikiran yang luas.

Kekurangan Novel : 

Dalam novel kali ini, banyak istilah yang diganti, tidak sesuai dengan buku yang sebelumnya. Banyak kata yang diulang-ulang. Dan pemahaman istilah-istilah yang digunakan lumayan sulit.




Kekuasaan yang terlalu lama cenderung membuat seseorang rusak. Itu bisa membuatmu mengkhianati teman-teman terbaik. Membuatmu melakukan hal-hal yang buruk, jauh dari kehormatan seorang petarung”- Tere Liye, Bintang  
 
Tapi itulah masalah besar klan ini. Semua orang memutuskan tidak peduli, mengurus masalah masing-masing, dan berharap hidup bahagia. Semua orang membiarkan kejahatan merajalela, membiarkan sekelompok orang mengenakan topeng seolah baik, pahlawan, padahal sangat buruk"












Sumber : http://sitirachmaaddress.blogspot.com/2017/12/resensi-novel-bintang-tere-liye.html?m=1

https://brainly.co.id/tugas/12472741











Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis dan Unsur Intrinsik Novel Bumi, Tere Liye

Sinopsis dan Unsur Intrinsik Novel Perahu Kertas

Sinopsis dan Unsur Intrinsik Novel Dilan 1990 Karya Pidi Baiq